Thursday, July 4, 2013

Suka Duka menjadi reservation & ticketing staff

Hai bloggy, salam hangat terdasyat bagi kita semua *loh haha, apa kabar kalian nih.
Sekarang gue byk waktu luang nih guys karena kantor lumayan sepi berhubungan mau bulan ramadhan alias puasa.

Well, sekarang gue mau cerita sedikit nih tentang my life, especially my job huehehe. Sekarang gue bekerja di salah satu Travel menengah di Jakarta Selatan, gue kerja sebagai ticketing/ travel consultant. sebenernya sih ini lebih mejurus ke CURHATAN terpendam gue :D wakakaka
yuk diliat :)

Hmmm terkadang kita pasti mikir "ah inimah gampang", gue juga sering booking tiket pesawat lewat web, but unfortunately, itu ga semudah yang kita bayangin guys, dulu gue jg mikir ticketing hanya sebatas memesankan tiket penumpang, keramah tamahan, that's all tapi nih setelah terjun langsung di dunia lain (?) hahaha dunia ticketing maksudnya, kenyataan sangat berbeda dengan apa yg dipikirkan deh.

Oke, berawal dengan slogan "CUSTOMER IS KING" kebayang kan kalian gimana itu seorang raja, banyak maunya, suka perintah, harus dilayani dengan baik, ga mau tau, ditambah lg kalo rajanya rese *curcol hahaha

Ini nih tuntutan sebagai seorang travel consultant/ ticketing.
yuk deh check this out:





  1. HARUS MENARIK. pokoknya harus berpenampilan cantik, bersih, wangi dengan segala kondisi, cuaca deh biar customernya betah mesen tiket sama kita. soalnya ticketing itu berhubungan langsung dengan customer.
  1. BERKOMUNIKASI DENGAN BAIK. Ga boleh grogi, harus bisa nyampein informasi dengan tepat dan akurat dan yang paling penting customernya ngerti. berkomunikasi jg bisa jadi investasi jangka panjang loh, soalnya dari komunikasi yang baik dan asik, customer akan ngerasa nyaman, ini nih cara terjitu buat "nge-gaet client" mihihihi
  1. TELITI & PINTAR. ini penting banget, kalo lo ga fokus, bisa-bisa gaji 1 bulan lo melayang terbang entah kemana *eaa hahaha melayang karena lo harus nombok tiket yang void :( Jadi harus didenger baik-baik nama passanger, tanggal keberangkatan, jam keberangkatan, airline yang diinginkan. salah-salah bisa fatal loh *pengalaman nih :D
  1. BERWAWASAN LUAS. harus sering-sering update berita. berita ya bukan gosip :D hahaha. khususnya berita tentang pesawat, hotel atau apapun yang berhubungan dengan traveling, nama-nama kota di indonesia harus udah kudu apal, dan beberapa kota di dunia mesti juga, city code, airport-nya terminal berapa, dan yang lain-lain deh. soalnya nanti kalo ada yg nanya kita ga tau bisa-bisa di ketawain lho hahaha. Nah, kalo ada kecelakaan pesawat juga harus update, jam berapa kecelakaannya dan penyebabnya apa.
  1. JUJUR & SABAR.beeeh ini paling makan ati. sebagai ticketing kesabarannya harus level 10 dah, bener-bener sabar, apalagi ngadepin customer yang rese, ga mau tau, suka marah2 hahaha. kalo jujur sih, setiap apa yg dilakuin mesti jujur yegak huahaha
  1. 5s (SENYUM, SALAM, SAPA, SOPAN, SANTUN) ini point dari sebuah pelayanan yang baik,semua ticketing bisa saja menjual ticket  ,tapi yang bikin kita berbeda adalah gimana cara kita melayani mereka ,dalam  kondisi dan cuaca  apapun 5s mesti diterapkan hahaha SEMANGAT!!


Nah ini duka menjadi seorang ticketing, 


mesti banyak sabar deh, pelanggan banyak maunya, kadang kita mesti ngasih tau sampe berulang2 tp si doi (pelanggan) tetep aja kekeh dan ga ngerti.
nah kalo berujung pada kesalah pahaman antara staff dan doi (pelanggan) ujung2nya kita kena getahnya bahkan "bisa" uler kali tuh hahaha soalnya kalo salah, kita yang sial. mau tau kenapa? karean walaupun kita yang bener, tetep aja doi yang marah-marah minta ganti rugi, dan y udah deh gaji lo 1 bulan ludes hahaha
Lain cerita kalo pesawat delay, atau schedule change by airline, beeh penumpang bisa ngamuk, isi kebun binatang bisa keluar semua, lebih sial lagi sampe ada yang dilempar barang, meja kantor di berantakin (biasanya terjadi di airline-nya) nah kita yang kerja di travel agent, mesti sabar jg kalo doi ngedumel gara2 pesawat delay, sambil mencoba nenangin doi :D
pokoknya kudu sabar, punya 1001 langkah buat nagsih solusi, apalagi kalo baran-barang client ilang entah di pesawat atau di hotel, beeeh kita rempong banget deh tuh nyelesain nya *pengalaman pribadi*

Ga enak dong ya cerita duka-nya, sekarang suka-nya nih
Yang paling keliatan, wawasan kita tuh lebih luas, soalnya tiap hari tuh entah di telp atau ketemu langsung kita berhadapan dengan berbagai orang denga berjuta karakter *ahay :D yang secara ga langsung ikut ngebentuk kepribadian kita nih, melatih kesabaran, dan pendewasaan diri, dan biasanya seorang ticketing itu ya kalo ngomong lebih sopan dan teratur, nah kalo pelayanan kita baik customer juga bakal royal sama kita.
Nah enaknya nih kalo hari libur panjang, suka outing gtu boo, tiket pesawat dan penginapan + jalan jalan GRATIS hahaha

Intinya, apapun pekerjaan kita sekarang, apapun profesi kita, kita harus lakuin dengan senang hati, DO IT WITH LOVE *eaaaa hahahaha
Insya Allah dapet yang lebih deh kalo kita bersyukur * mendadak wise gini * hahaha

SEMANGAT GUYS xoxo








30 comments:

  1. Kak kebetulan saya anak SMIP yg berlokasi dijakarta yang sedang magang disalah satu travel yg ada dijakarta. Saya ditempatkan dibagian outbound tepatnya di tour consultant. Saya ingin bertanya gimana sih cara tekhnisnya nanganin tamu dari awal dia booking tour sampe dia berangkat? apakah kakak bisa share. saya agak terkendala bila bertanya ditempat saya magang karena senior saya selalu sibuk. makasih ya kak.

    ReplyDelete
  2. tugas seorang ticketing tuh kayak gimana kak?
    aku baru masuk smip nih , maunya sih kerja sebagai ticketing
    tolong dijawab ya kak,terima kasih

    ReplyDelete
  3. Good artikel :)
    Saya juga pernah jadi Tiketing Staff, sip lah ini ilmunya, hehe

    ReplyDelete
  4. Hai rehan :) terimakasih ya udh mengunjungi blog ku.
    wah enak sekali dong kamu bakal punya pengalaman yg byk. hmm sebenernya simple2 ribet yg pasti kamu harus menjaga penampilan itu point plus, trs hrs ramah senyum jgn jutek2
    untuk tour, kamu pastikan minta list daftar pax/tamu yg akan berangkat jumlahnya brp, htlnya dimana, acaranya apa. setelah itu kamu buat rundown, kemudian kamu mulai booking hotel, bus/pesawat.. dan cari tau hara per orangnya. setelah tamu kamu deal tinggal finishing
    1. harus punya dokumen finance ketika membawa tour jadi dicatet tuh pengeluaran di lapangan
    2. buat acara semenarik mungkin
    3. jalanin tour
    4. kalo kamu ikut tournya terakhir kamu buat report :)

    ReplyDelete
  5. hallo yuni :) makasih yaaa udh ngunjungi blog aku
    tugasnya ticketing staff itu memenuhi kebutuhan turis berupa tiket bisa pesawat,kereta, mobil travel, bus pariwisata trs voucher hotel jg
    kadang dibeberapa travel tertentu kalian jg hrs bisa merangkap sebagai tour operation jadi ngurusin tour gt.
    semoga bermanfaat yaah

    ReplyDelete
  6. haiii rethaa salam kenal
    wah kerja di travel mana nih bisa nih tuker pengalaman.... hehehe

    ReplyDelete
  7. setuju banget,,,, saya juga tiketing di daerah jakrta selatan,, ngerasain hal yang sama,,

    ReplyDelete
  8. wahh good artikel nih :D ngerasaiin banget dah semuanya yang ditulis diatas ithu :D saya juga ticketing staff di salah satu travel boleh nih buat nambah ilmu :D hehehe

    ReplyDelete
  9. kalau staff ticketing itu kerjanya kayak gimana kak ?
    (yang di kerja'in apa aja)

    ReplyDelete
  10. jadi org ticketing tuh menyenangkan tapi kadang kesel aja sama tamu yg banyak tamunya. hehe

    ReplyDelete
  11. Kak kenalin aku Irsyad, anak Jurusan Kepariwisataan. bulan depan aku bakal Training di BPW Dwidaya Bali. di bagian Ticketing dan Tour. kak apa hal yang paling sulit di bidang ticketing ya kak?? kalau pake sisitem apa hal yang harus kita waspadai? terimakasih dan salam kenal :)

    ReplyDelete
  12. jadi degdegan, soalnya bulan depan in shaa allah ngikut jejak kerjanya

    ReplyDelete
  13. jadi degdegan, soalnya bulan depan in shaa allah ngikut jejak kerjanya

    ReplyDelete
  14. minta bantuannya dong. ini saya lagi ojt di travel disini sering nya internasional sedangkan aku masih menguasai domestik, selain itu travel ini juga jarang pengunjung, jadi sepi. kalo udah sepi jadi ya nganggur. apa ya yang harus aku lakuin pas nganggur? mohon dibantu

    ReplyDelete
  15. iya nih aku juga krja di travel tiketing baru 1 bulan,, grogi dan takut salah

    ReplyDelete
  16. gajinya besr gak,,,,,berapaan kak

    ReplyDelete
  17. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  18. Hai kak, ada info loker untuk ticketing Jak-Sel ga? Saya lulusan Akomodasi Perhotelan.
    Makasih ☺

    ReplyDelete
  19. haiii terimakasih info nya cocok banget saya lagi kerja sebagai Tickeing

    ReplyDelete
  20. Siiipp....👌👍Thanks infonya senior.

    ReplyDelete
  21. Aku Reseption di Slah satu Hotel d batam...Banyak kesamaan jg kerjaan kita mbak...apalagi soal tamu yg sering ngomel2..hahahaha
    mksih buat berbagi pengalamanya...jadi tau klo d luar sana banyak jg yg hmpir senasib..hehehe
    semngat trus mbak...Smoga kerjaan yg kita lakukan Menjadi Berkah...Amin.

    ReplyDelete
  22. Kak, mau nanya ni, tugas staff isued di travel apaan ya?

    ReplyDelete
  23. sy kerja di ticketing juga, harus ekstra sabar

    ReplyDelete
  24. Hy kak.. Aku dipanggil interview kerja dari kantor agen travel gtu.. Tapi aku buta tentang cr kerja staff ticketing.. Gimana nanti pas interview ya? Kasih masukan dong kak.. Thankyou

    ReplyDelete
  25. Nice Info mbak,,,, hehe....
    salam kenal dari blogger travelling semarang.
    Monggo mampir di blog saya.
    Http://agungfajarbaru.blogspot.com/

    thanks

    ReplyDelete
  26. Salam kenal dari Gondonesia.com
    Untuk yang akan kerja di bagian ticketing mungkin boleh dikunjungi www.gondonesia.com disana ada panduang untuk Altea, Amadeus dan Sabre.

    Thanks

    ReplyDelete
  27. Hallo Vera. Aku juga sekarang sedang bekerja di salah satu travel cukup ternama di Jakarta .aku baru pertama kali bekerja karena baru lulus Oktober kemarin .Aku mau tanya .apakah memang resiko terbesar kerjaan travel consultan itu adalah ketika terjadi kesalahan dan kita sudah merasa benar bahkan diliatin bukti2 fisik yg menyatakan bahwa kita gak salah, tetep kita yang kena? Aku kemarin bgt baru merasakan hal itu. Sampe2 gajih aku dipotong selam 10 bulan. Bayangin. Sedih bgttt kak. Minta tips nya dong .Biar aku bisa kembali riang seperti semula. Karena sedih banget kak, tiap aku diem aku kepikiran dan sedih. Kan lumayan kalo 10 bulan gak dipotong bisa nabung buat nikah hehe .Mana saya anak rantau kak .:( Minta tips nya yah kak. Terimakasih

    ReplyDelete
  28. Saya ingin bertanya, adakah tips agar "potongan" gaji Kita tersebut bisa diminimalisir? Karena Insha Allah, minggu depan saya mulai bekerja di bagian yg sama.

    ReplyDelete
  29. Mau tanya dong, ticketing itu masuk k divisi customer service nggak ya? Udh gtu job desk nya apa aja ya?

    ReplyDelete
  30. How to make money from casino games - Work Tomake Money
    Learn how to make money from casino 바카라 사이트 games and their odds. to make 메리트 카지노 쿠폰 money from งานออนไลน์ casino game. to win more often than it is profitable to make money

    ReplyDelete